Home Paper Cup Paper Cup VS Plastic Cup

Paper Cup VS Plastic Cup

by adminweb

Untuk saat ini terdapat dua jenis cup yang menjadi sorotan para pengusaha minuman baru yaitu paper cup atau gelas kertas dan plastik cup atau gelas plastik. Mungkin, saat ini kamu sering mendengar kalau paper cup itu lebih unggul daripada plastik cup dengan alasan lebih praktis dan lebih ramah lingkungan, tetapi apakah kamu bisa mempercayai pernyataan itu sepenuhnya?

Tentu saja, untuk mencari jawabannya tidak bisa hanya dengan iya atau tidak, oleh karena itu untuk mendapatkan jawaban yang sesungguhnya, kamu perlu melihat perbandingan berikut untuk menentukan apakah paper cup lebih unggul daripada plastik cup atau tidak.

BE THE CHANGE YOU WANT TO SEE IN THE WORLD

Bahan baku

Kedua jenis cup tersebut terbuat dari bahan yang sangat berbeda. Paper cup terbuat dari bahan pulp atau bubur kertas yang berasal dari serat pohon, tetapi agar serat tersebut bisa menjadi paper cup. Pertama, serat harus dilapisi sejenis plastik atau lilin sehingga cup ini kuat terhadap suhu tinggi atau rendah.

Plastik cup terbuat dari bahan PET (Polyethylene Terephthalate). Bahan ini biasanya hanya untuk sekali pakai karena jika terus dipakai, plastik cup akan memicu zat berbahaya bagi tubuh. Namun, tidak semua plastik cup hanya bisa sekali pakai karena masih ada jenis plastik cup lainnya yang dapat didaur ulang.

Keramahan terhadap lingkungan

Pulp yang terdapat di paper cup dapat membuat paper cup dipakai berulang kali karena pulp ini dapat memicu pembentukan paper cup baru. Sekarang ini juga terdapat jenis paper cup yang terbuat dari 100% bahan alami seperti biodegradable paper cup sehingga dibilang lebih ramah lingkungan.

Plastik cup terdiri dari bahan yang memerlukan 50 sampai 100 tahun untuk terurai sehingga tidak begitu baik terhadap lingkungan. Walaupun begitu plastik cup dapat didaur ulang menjadi plastik cup baru.

Proses pembuatan

Untuk membuat paper cup diperlukan proses yang sedikit rumit. Pertama, serat pohon atau pulp akan diberi pemutih dan ditambahkan bahan kimia sehingga minuman yang ada di paper cup aman untuk dikonsumsi. Setelah itu, akan dilakukan proses waxing seperti pelapisan dengan lilin atau plastik agar paper cupnya tidak mudah hancur ketika terkena air, tetapi dari proses ini akan menghasilkan limbah beracun yang perlu biaya lebih agar bisa diolah.

Dikarenakan plastik cup mengandung bahan seperti PET (Polyethylene Terephthalate), maka untuk membuatnya diperlukan proses bow molding. Bow molding merupakan pencetakan plastik cup yang bergantung sepenuhnya terhadap tekanan gas sehingga tidak mengherankan kalau produksi plastik cup dapat dikerjakan lebih cepat.

Residu kertas

Paper cup memiliki residu yang lebih besar karena namanya kertas pasti akan terbawa oleh air terutama air hangat seperti teh atau kopi, tetapi untuk paper cup biasanya hanya dalam porsi yang sedikit.

Plastik cup memiliki bahan yang cukup resisten terhadap suhu panas sehingga hal ini membuat plastik cup lebih aman walaupun sifat penggunaannya yang hanya sekali pakai.

Harga

Dikarenakan proses pembuatan paper cup cukup rumit, maka harga untuk paper cup biasanya lebih mahal 40% daripada plastik cup sehingga perencanaan stok sangat diperlukan. Di sisi lain, plastik cup dibilang lebih murah karena prosesnya yang cepat selesai sehingga kalau merek kamu cukup populer, plastik cup bisa menjadi solusi terbaik.

Sepertinya dapat disimpulkan kalau paper cup tidak selamnya baik, tetapi saat ini sedang banyak dicari-cari oleh konsumen zaman sekarang terutama milenial yang sangat peduli dalam menjaga kestabilan lingkungan. Apa lagi, sekarang juga banyak perusahaan besar yang mulai mengganti cup lamanya dengan paper cup yang ramah lingkungan sehingga hal ini membuat paper cup lebih diutamakan.

Konsultasikan kebutuhan anda mengenai paper cup atau plastic cup kepada kami di 0812 9707 9613, kami siap membantu memberikan solusinya.

You may also like